00.37

MENELAAH BUDAYA KERJA PADA PT.FAST FOOD INDONESIA Tbk

A. Arti Definisi / Pengertian Budaya Dan Kebudayaan
Budaya secara harfiah berasal dari Bahasa Latin yaitu Colere yang memiliki arti mengerjakan tanah, mengolah, memelihara ladang (menurutSoerjanto Poespowardojo 1993).
Menurut The American Herritage Dictionary mengartikan kebudayaan adalah sebagai suatu keseluruhan dari pola perilaku yang dikirimkan melalui kehidupan sosial, seniagama, kelembagaan, dan semua hasil kerja dan pemikiran manusia dari suatu kelompok manusia.
Menurut Koentjaraningrat budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri manusia dengan cara belajar.
B. Arti Definisi / Pengertian Budaya Kerja
Budaya Kerja adalah suatu falsafah dengan didasari pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu kelompok dan tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja. (Sumber : Drs. Gering Supriyadi,MM dan Drs. Tri Guno, LLM )
C. Tujuan Atau Manfaat Budaya Kerja
Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.
Manfaat dari penerapan Budaya Kerja yang baik :
1. meningkatkan jiwa gotong royong
2. meningkatkan kebersamaan
3. saling terbuka satu sama lain
4. meningkatkan jiwa kekeluargaan
5. meningkatkan rasa kekeluargaan
6. membangun komunikasi yang lebih baik
7. meningkatkan produktivitas kerja
8. tanggap dengan perkembangan dunia luar, dll.
PT Fastfood Indonesia Tbk, pemilik waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC), akan mengembangkan konsep baru pada gerai (store) miliknya menjadi berdiri sendiri (free standing) pada tahun 2010. "Kalau Free Standing berarti KFC dibangun di atas tanah milik sendiri sehingga pengembangan ke depan akan lebih mudah," kata GM Pengembangan Bisnis PT Fastfood Indonesia Tbk., Gandhie Lie, di Jakarta, hari ini. Dia menargetkan 80% gerai miliknya menggunakan konsep baru pada tahun 2010, padahal 2009 konsep baru yang diterapkan baru mencapai 20 persen dari 368 gerai miliknya.

Pada tahun ini jumlah gerai akan ditambah 30 lokasi lagi dengan konsep baru plus 70% gerai lama yang akan direnovasi, paparnya seusai memberikan motivasi karyawan bersama motivator Tung Desem Waringin. Kentucky Fried Chicken (KFC) juga terus mengevaluasi gerai miliknya kalau dinilai tidak produktif akan diperkecil. Sebaliknya, kalau produktif akan diperluas dan direnovasi. Menurut Tung Desem, kunci keberhasilan KFC bukan sekadar infrastruktur, akan tetapi sumber daya manusia di dalamnya yang memberikan pelayanan harus diperhatikan. .

Kemudian Tung Desem juga memandang perlu adanya alat ukur dalam menilai karyawan dalam memberikan pelayanan, berikut hadiah, dan hukuman atas pencapaian.Dia mengatakan bahwa persaingan pada bisnis waralaba semakin ketat, terkadang dalam satu kawasan ada sejumlah pemain yang memiliki produk yang sama. "Kuncinya sebenarnya kepada inovasi tidak saja kepada produk, tetapi juga strategi pemasaran," katanya.

Dari segi pemasaran, diakuinya KFC memang memiliki strategi yang sudah bagus (market leader) tinggal menciptakan inovasi baru agar tidak ketinggalan. Pada tahun ini, kata Tung Desem, KFC menyiapkan produk beras organik khusus Pulau Jawa serta penggunaan pembungkus kertas yang mudah didaur ulang sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. (ln)

Referensi :
http://web.bisnis.com/bursa/emiten/1id172272.html
http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-budaya-kerja-dan-tujuan-manfaat-penerapannya-pada-lingkunigan-sekitar
Analisis Pribadi :
Didalam menjalankan setiap usaha yang hendak dikerjakan sudah seharusnya diiringi dengan kemauan yang kuat. Kemauan yang kuat tersebut biasanya akan membawa hasil yang baik untuk masa yang akan datang. Membiasakan diri bekerja keras juga akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik untuk menjalankan setiap usaha yang ada. Apabila kita ternyata bingung untuk menentukan sekiranya strategi apa yang akan digunakan akan baik pula bila kita mau mencontoh pelaku usaha yang terdahulu.
Mencontoh hal yang telah ada seringkali juga menjadikan uaha tersebut menjadi hal yan terbiasa yang kemudian menjadi budaya untuk seterusnya. Dan tidak ada salahny untuk dilakukan terus menerus.

0 komentar: