20.20

SEGMENTASI KONSUMEN RETAIL INDONESIA ( Tulisan PK 2)

Segmentasi adalah sebuah bagian dari managemen memori yang mengatur pengalamatan dari memori yang terdiri dari segmen-segmen. logical address space adalah kumpulan dari segmen-segmen yang mana tiap-tiap segmen mempunyai nama dan panjang. alamat tersebut menunjukkan alamat dari segmen tersebut dan offset-nya didalam segmen-segmen tersebut. pengguna kemudian menentukan pengalamatan dari setiap segmen menjadi dua bentuk, nama segmen dan offset dari segmen tersebut (Hal ini berbeda dengan pemberian halaman, dimana pengguna hanya menentukan satu buah alamat, dimana pembagian alamat menjadi dua dilakukan oleh perangkat keras, semua ini tidak dapat dilihat oleh user).

Perkembangan Industri Ritel Indonesia pada 2009 secara keseluruhan masih menunjukan kecenderungan yang positif dengan pertumbuhan 2 digit. Sampai saat ini dampak krisis Ekonomi dunia tidak membuat pertumbuhan ekonomi dan industri ritel nasional menjadi minus.

Kita memang membutuhkan pedagan ritel yang sehat. Alasannya bukan karena kontribusi sector ini dalam penggunaan PDRB masih diatas 60 persen, atau proporsi tenaga kerjanya masih sebesar 35 persen, saja. Krisis yang masih mendekap dunia saat ini yang membuat Ekspor dan Investasi menurun kian menjadi Industri Ritel sebagai Tumpuan harapan.

INdustri Ritel yang Efisien dan maju diharapkan bisa meningkatkan Ekonomi Lokal, baik industri manufaktur maupun industri pertanian Lokal. Bukan itu saja, dengan perdagangan ritel yang sehat, akses bagi konsumen akan menjadi mudah, dengan harha kebutuhan rumah tangga yang semakin brsaing.

Konsumen Indonesia tergolong Multichannel Users menjadi sebuah penangkal bagi terjadinya krisis. Pasalnya Ritel Tradisional maupun Modern tetap dapat tumbuh dan berkembang. Lantaran sifat konsumen yang masih mendatanging kedua ritel ini. Disisi lain konsumen saat ini lebih condong untuk mendatangi Ritel Modern. Oleh karena itu hendaknya Ritel Modern maupun Tradisional hendaknya saling mendukun bukan menggantikan.

Kompetisi memang bukan sesuatu yang menyenangkan namun mudah mudahan dapat semakin mendorong kreatifitas, dan bahkan kesempatan memperluas segmen baik bagi Usaha Ritel Tradisional maupun Moderen.


Referensi :

KOMPAS kolom Ritel edisi Kamis 24 sep 2008

http://ikc.unimal.ac.id/umum/ibam/ibam-os-html/x3571.html

0 komentar: